10 Aplikasi Akuntansi Keren yang Wajib Kamu Coba, Nih!

Hidup di era teknologi ini bener-bener bikin hidup lebih gampang, terutama buat para pebisnis. Salah satu yang jadi penyelamat dalam urusan keuangan bisnis adalah aplikasi akuntansi.

Jangan bayangin lagi ribet hitung-hitung manual, sekarang udah zamannya pakai aplikasi, teman-teman!

Sebentar, sebelum Kami jelasin apa aja aplikasi keren ini, kamu harus tau dulu cara nyari yang pas buat bisnismu.

Ayo, kita mulai dengan bahas apa itu aplikasi akuntansi!

Apa Sih Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi atau yang biasa disebut aplikasi accounting adalah software khusus yang diciptain buat ngatur segala transaksi bisnismu.

Biasanya, ini jadi andalan para pebisnis dan akuntan perusahaan, soalnya bisa bantuin ngurusin data transaksi dengan lebih gampang.

Sebagai pebisnis, pastinya kamu pengen banget urusan keuanganmu lebih efisien, kan? Nah, salah satu caranya adalah dengan pakai aplikasi akuntansi.

Tapi ada juga lho aplikasi akuntansi online yang udah terhubung sama berbagai platform.

Cara Pilih Aplikasi Akuntansi yang Pas buat Bisnismu

Sebelum kita lebih jauh, kamu mesti tau dulu gimana caranya milih aplikasi keuangan yang oke buat bisnismu. Kami bakal jelasin beberapa tipsnya di bawah ini, nih.

1. Pastikan Ada Fitur Dasarnya

Kalo mau pilih aplikasi yang cocok buat bisnismu, yang pertama-tama harus ada adalah fitur dasar keuangan. Kayak fitur invoice buat ngatur pembayaran, nyusun laporan keuangan, dan sebagainya. Biasanya, software akuntansi gratis udah nyediain fitur-fitur dasar ini.

Tapi, cek juga fitur tambahannya yang bisa bantu kamu ngurus stok barang dan update aktivitas bisnismu.

2. Manajemen Stok yang Mumpuni

Kalo bisnismu jualan barang dalam jumlah besar, pastiin ada fitur manajemen stok barang. Ini penting banget buat ngatur persediaan dan pencatatan stok barangmu.

Khususnya kalo bisnismu punya beberapa gudang, fitur ini bisa banget bantu kamu nyari tau kondisi stok barang di setiap gudang.

3. Fitur Akuntansi Pelunasan

Pernah denger soal akuntansi pelunasan? Kalo bisnismu punya lebih dari satu toko online, fitur ini jadi penting banget. Ini bisa bantu kamu catat semua aktivitas penjualan dengan rapi.

Kalo nggak dicatat dengan bener, bisa bikin kebingungan dan informasi yang kurang akurat. Jadi, pastiin aplikasi akuntansimu ada fitur ini.

4. Yang Terintegrasi sama Sistem Omnichannel

Hal lain yang harus kamu perhatiin adalah, aplikasi akuntansimu udah terintegrasi sama sistem omnichannel atau belum.

Ini penting buat yang punya bisnis online dan offline sekaligus.

Biasanya, pebisnis bingung banget nyusun laporan keuangan buat toko online dan offline secara terpisah. Tapi kalo pakai aplikasi yang terhubung ke sistem omnichannel, kamu bisa ngurus semuanya sekaligus.

Salah satu yang udah punya fitur ini adalah Jubelio Akunting.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Terbaik di Indonesia

Sekarang, kita lanjut ke rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik yang bisa kamu coba di Indonesia.

Jadi, simak baik-baik ya, teman-teman!

1. Jubelio Akunting

Kalo lagi nyari aplikasi akuntansi buat bisnismu, kamu bisa coba Jubelio Akunting. Ini cocok buat pebisnis kecil, menengah, atau besar.

Jubelio Akunting bisa bantu kamu ngurus dan menyusun laporan keuangan bisnismu secara otomatis.

Yang bikin seru, aplikasi ini udah terhubung ke sistem omnichannel. Jadi, kalo kamu punya toko online di berbagai marketplace, gak perlu khawatir soal laporan keuangan lagi.

Mulai dari pencatatan penjualan, pembelian, pembuatan faktur, sampe penyesuaian stok barang, semuanya dilakuin otomatis.

Plus, data yang diberikan juga real-time, jadi gak perlu capek-capek ngeceknya. Semua bisa kamu akses lewat satu dashboard aja.

2. BeeAccounting

Kalo pengen yang mudah digunain dan akurat, BeeAccounting bisa jadi pilihan buat kamu. Aplikasi ini bisa dipake di desktop atau cloud, sesuai sama kebutuhan bisnismu.

3. SAP

SAP udah dikenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Aplikasi akuntansi ini punya berbagai fitur keren, kayak laporan real-time, manajemen budget, dan banyak lagi.

4. Jurnal by Mekari

Jurnal adalah aplikasi akuntansi berbasis cloud yang cocok buat bisnis kecil dan besar. Bisa buat catatan keuangan, bikin faktur, catet biaya, pemasukan, pengeluaran, dan masih banyak lagi.

5. Accurate

Accurate adalah software akuntansi yang mudah digunain dan user-friendly. Ada fitur catatan penjualan, pembelian, buku besar, inventory, dan sebagainya.

6. Zahir Accounting

Kalo butuh yang bisa ngatur inventory barang, Zahir Accounting bisa jadi pilihan. Selain itu, ada juga fitur Chart of Account, sales order, sampe analisa bisnis.

7. MYOB Accounting

MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi buatan Australia yang bisa bantu kamu ngurus laporan keuangan dan inventory barang dengan mudah dan flexible.

8. Kledo

Kalo punya bisnis kecil atau menengah, Kledo bisa bantu kamu ngurus keuangan bisnismu. Aplikasi berbasis cloud ini punya berbagai fitur, dari pengelolaan keuangan sampe pembuatan invoice.

9. Xero Accounting

Xero juga bisa jadi alternatif buat ngatur laporan keuangan perusahaanmu. Udah terkoneksi ke berbagai aplikasi lain dan bisa nambahin user tanpa batasan.

10. Paper.id (Gratis)

Terakhir, kalo punya usaha kecil atau menengah, kamu bisa coba Paper.id yang gratis. Bisa dicatat langsung dari laptop atau smartphone, praktis banget!

Kesimpulan

Apapun ukuran bisnismu, pasti penting banget buat pilih sistem keuangan yang tepat. Jangan sampe masalah finansial ganggu bisnismu, kayak salah hitung laporan dan sebagainya.

Sekarang, kamu udah tau rekomendasi aplikasi akuntansi terbaik dan apa kelebihan masing-masing software.

Saranku, coba deh Jubelio Akunting, khususnya kalo kamu jualan di berbagai marketplace.

Bisa jadi solusi praktis buat urusan keuangan bisnismu. Semoga sukses, teman-teman!

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca artikel ini dan mendapatkan wawasan tentang aplikasi akuntansi yang dapat mengoptimalkan bisnis Kamu.

Jangan ragu untuk menjelajahi artikel lainnya di gracestrobel.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang berbagai aspek bisnis dan teknologi yang relevan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses selalu dalam pengelolaan keuangan bisnis Mu!

Artikel Terkait :

Leave a Comment